Cara Menambah Tinggi Badan Yang Sebenarnya

Setiap orang tentu menginginkan badannya mencapai tinggi yang ideal. Sebab, tinggi badan dapat menambah kepercayaan pada diri seseorang. Oleh karena itu, banyak orang berupaya menambah tinggi badannya dengan mengkonsumsi obat atau suplemen yang diklaim bisa menambah tinggi badan. Padahal, obat dan supelemen tersebut tidak terlalu memberikan efek dalam hal ini.

Bagi Anda yang ingin meningggikan badan, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk meninggikan badan. Beberapa cara tersebut adalah:

1.Olahraga

Salah satu cara alami untuk meninggikan badan adalah dengan berolahraga secara rutin. Beberapa olahraga yang efektif dalam meninggikan badan seperti lompat tali, lari, sepakbola, mengendarai sepeda, dan basket.

2.Cepat tidur malam

Cara berikutnya yang juga efektif dalam menambah tinggi badan adalah cepat tidur di waktu malam. Tidur kurang dari 9 jam (untuk usia remaja dibawah 20 tahun) bisa memperlambat pertumbuhan. Kenapa? Karena pada saat tidur, tubuh secara otomatis memproduksi hormon pertumbuhan atau HGH. Sebaiknya tidur lebih awal agar bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup yaitu 9 hingga 10 jam.

3.Mengkonsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan sehat juga sangat efektif dalam menambah tinggi badan. Makanan yang cocok dalam hal ini adalah makanan yang banyak mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang seperti susu, bayam, kubis, ikan, jamur, brokoli. Selain kalsium dan vitamin D, konsumsi juga makanan yang mengandung protein tanpa lemak seperti daging ayam, sapi, ikan serta makanan yang mengandung zinc seperti kepiting, labu, kacang.

Pastikan untuk menghindari berbagai hal yang bisa memperlambat pertumbuhan tinggi badan Hindari merokok, sebagian penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang merokok baik aktif maupun pasif memiliki tubuh yang lebih pendek dibandingkan mereka yang tidak merokok. Selain itu, obat atau suplemen yang mengandung steroid juga terbukti dapat menghambat pertumbuhan. Studi menunjukkan bahwa penggunaan inhalasi yang mengandung steroid pada anak-anak selama satu tahun dapat menghambat pertumbuhan. Jika Anda memang harus menggunakan obat yang mengandung suplemen, pastikan dosisnya tidak terlalu tinggi dan sesuai dengan anjuran dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *