Gandakan Kunci Pengaman, Langkah Mudah Amankan Rumah Saat Liburan

Anda pasti memiliki kekhawatiran yang berlebihan ketika meninggalkan rumah. Apakah keadaan rumah itu dalam kondisi aman ataukah sebaliknya? Guna menangkis keraguan tersebut, tidak ada salahnya untuk mengadakan pencegahan tambahan. Misalnya saja menempatkan anjing penjaga di rumah atau memasang alarm.

Langkah mudah lainnya ialah pada akses pintu masuknya digandakan kunci keamanannya. Anda dapat memodifikasi sistem keamanan pada pintu dan jendelanya untuk menambahkan keyakinan  jika akses masuk ke dalam rumah itu terlindungi dengan baik.

Guna membuat pintu itu selalu terkunci dan lebih aman, berikut ini beberapa panduan yang dapat Anda lakukan.

Apabila pintu depan dan belakang rumah Anda mempergunakan pintu model yang memiliki rongga lebih baik secepat mungkin diganti. Pasalnya model pintu tersebut dapat memudahkan maling untuk menembus masuk ke dalam rumah.

Langkah cepatnya ialah menambal rongga-rongga yang terdapat pada celah pintu tersebut. Anda pun dapat memodifikasi pintu itu menjadi lebih kuat dengan mengganti daun pintunya menggunakan kayu padat atau papan kokoh.

Jika perlu, di bagian belakang pintu tersebut ditambahkan teralis besi yang tujuan utamanya adalah untuk tindakan pencegahan ekstra. Pastikan pintu besi yang dikuatkan tersebut pada  bagian dalamnya mempunyai sesuatu yang dinamakan lock block.

Bila berencana mengganti pintu dan kerangka baru sebaiknya pertimbangkanlah untuk mempergunakan pintu kaca berserat yang terbuka ke arah keluar, bukannya ke dalam rumah.

Supaya lebih aman, jangan lupa menambahkan engsel pengaman. Model pintu seperti ini akan membantu Anda menyulitkan maling saat memaksa masuk.

Semua pintu luar yang memiliki jendela sebaiknya diganti dengan pintu tanpa jendela. Semua pintu mesti tidak memiliki jendela untuk keamanan maksimal.

Bila rumah Anda memakai pintu kaca dengan model geser, panel pintu kaca atau jendela di dekatnya ada baiknya upayakan untuk memberi lapisan pada daun pintu kaca tersebut dengan panel polikarbonat atau jeruji pengaman di bagian luarnya. Jeruji pengaman itu bisa dipasang di belakang kaca.

Berikan pula gembok berantai besi yang sukar untuk dilepaskan. Langkah untuk menyulitkan dan pencegahan yang lainnya sebaiknya kunci seluruh pintu kamar tidur ketika mau meninggalkan rumah untuk liburan.

Dengan langkah melengkapi kunci ekstra ini diharapkan bisa mencegah terjadinya sesuatu hal yang tidak diharapkan. Rumah menjadi aman dan liburan pun terasa nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *